Followers

TopMenu

3 FASE REKAYASA PERANGKAT LUNAK


Pada umumnya, rekayasa perangkat lunak dapat dikategorikan dalam 3 fase yaitu :


1. Fase Definisi (Definition Phase)


Pada fase ini, berfokus pada kata "Apa". Dalam fase definisi, ada beberapa yang harus dilakukan oleh para pengembang perangkat lunak, diantaranya :

- Mengidentifikasi informasi apa saja yang akan diolah,
- Fungsi dan unjuk kerja seperti apa yang dibutuhkan,
- Tingkah laku sistem seperti apa yang diharapkan,
- Interface apa yang akan dibangun,
- Batasan desain apa yang ada, dan
- Kriteria validasi apa yang dibutuhkan untuk mendefinisikan sistem yang sukses.
Jadi, sebelum beralih ke fase berikutnya, para pengembang perangkat lunak harus benar-benar memahami kebutuhan apa saja yang dibutuhkan. Kebutuhan (requirement) merupakan kunci dari sistem dan perangkat lunak yang didefinisikan. Metode yang diaplikasikan selama fase definisi berbeda, tergantung pada paradigma rekayasa perangkat lunak (atau kombinasi paradigma) yang diaplikasikan.

2. Fase Pengembangan (Development Phase)


berfokus pada how (bagaimana), yaitu dimana selama masa pengembangan perangkat lunak, teknisi harus mendefinisikan bagaimana data dikonstruksikan, bagaimana detil prosedur akan diimplementasikan, bagaimana interface ditandai dll.



3. Fase Pemeliharaan (Maintenance Phase)



berfokus pada perubahan yang dihubungkan dengan koreksi kesalahan, penyesuaian yang dibutuhkan ketika lingkungan perangkat lunak berkembang, serta perubahan sehubungan dengan perkembangan yang disebabkan oleh perubahan kebutuhan pelanggan. Empat jenis perubahan yang dihadapi selama fase dukungan: 
Koreksi: Bahkan dengan kegiatan kualitas terbaik jaminan, ada kemungkinan bahwa pelanggan akan mengungkap cacat dalam perangkat lunak perubahan pemeliharaan korektif perangkat lunak untuk memperbaiki cacat.

Adaptasi: Seiring waktu, lingkungan aslinya, yaitu, CPU, sistem operasi, aturan bisnis dll yang lunak ini dikembangkan kemungkinan untuk mengubah hasil perawatan Adaptivedi modifikasi perangkat lunak untuk mengakomodasi perubahan lingkungan eksternal.. Enhancement: Sebagai perangkat lunak yang digunakan, pelanggan / pengguna akan mengenali fungsi tambahan yang akan memberikan manfaat perawatan perfektif. memperluas perangkat lunak melampaui persyaratan aslinya fungsional.
Pencegahan: Perangkat lunak komputer memburuk karena perubahan, dan karena ini, pemeliharaan preventif, sering disebut rekayasa ulang perangkat lunak, harus dilakukan untuk memungkinkan perangkat lunak untuk melayani kebutuhan pengguna akhir.

No comments: