Followers

TopMenu

Cara mudah dan cepat Menghapus virus shortcut


1. Putuskan koneksi internet

2. Disable/Off kan System Restore dengan cara masuk Menu start- klik kanan pada my computer dan pilih properties lalu pilih System Protection

3. Lalu klik salah satu drive ,dan klik lagi di configure pilih turn off system protection, untuk mematikan drive yang lain caranya sama

4. Restart dan masuk wndows safe mode dengan cara waktu di restart layar mati tekan F8 secara berulang-ulang ,setelah itu akan muncul pilihan, pilih saja Safe Mode
Atau bisa dengan cara kedua yang lebih mudah ,pilih menu Start - Run – (lalu ketik) msconfig klik OK ,setelah itu akan System Configuration pilih tab “BOOT” didalamnya ada pilihan safe mode beri tanda centang. Setelah itu klik OK dan lakukan restart dan menunggu masuk ke windows safe mode.

5. Setelah masuk windows safe mode hal ang pertama kita lakukan adalah memunculkan semua file yang ter Hidden yaitu dengan cara masuk my computer + klik organizer pilih folder dan search option, setelah itu akan muncul folder option pilih “VIEW” klik Show Hidden Files, Folder and Drives.
Untuk memastikan bahwa semua file akan muncul coba sekali lagi yaitu dengan cara masuk ke Command Prompt tuliskan perintah attrib -s  -r  -h  /s  /d lalu enter.
Itu baru drive c:
Untuk drive D dan E juga sama hanya saja anda harus memanggil drive D atau E terlebih dahulu dengan cara ketik e: lalu enter setelah itu ketikan sama dengan perintah drive C tadi
Lakukan ini ke semua drive termasuk flashdisk jika ada.
Bisa juga dengan smadav untuk memunculkan semua file yang ter hidden.

6. Setelah kita memunculkan semua file yang ke hidden langkah selanjutnya kita harus mematikan program yang menjalankan virus ini dengan cara lihat di task manager (CTRL+ALT+DEL) lihat processes cari file yang bernama wscript.exe kalau sudah ketemu klik tekan End Process.
Setelah itu matikan juga program yang menjalankannya yaitu biasanya bernama chrom.exe (Bukan chrome) dengan cara masuk task manager lagi.

7. Setelah menghentikan kedua program yangmenjalankan virus tersebut kita akan menghapus file chrom di registry caranya masuk men RUN lalu ketik REGEDIT atau regedit.exe lalu klik OK. Setelah itu masuk HKEY LOCAL MACHINE – SOFTWARE – MICROSOFT – WINDOWS – Current Version – Run –Lihat apakah disana ada kode chrom (kalau ada klik kanan dan delete)

8. Lalu masuk lagi Regedit – HKEY OCAL MACHINE – SOFTWARE –Cari folder chrom (Bukan chrome) kalau ada delete saja.

9. Kita harus mematikan program yang menjalankan saat startup dimulai yaitu dengan cara Klik menu RUN ketik msconfig –pilih StartUp lalu cari program chrom kalau ada klik disable atau hilangkan centangnya. Setelah selesai klik OK.

10. Saatnya mendelete semua file yang menyebarkan seperti autorun.inf, thumbs.db dll.
Matikan autorun dengan mennginstal shortcut.bat setelah itu cari semua file yang bernama thumbs.db disemua drive kalau ketemu semua delete saja tanpa kompromi.

11. Setelah selesai semua jangan lupa hilangkan centang safe mode tadi di msconfig-BOOT. Setelah itu restart

Dan selamat menikmati SISTEM ANDA tanpa virus J

TAMBAHAN :
jika masih ada folder atau file mencurigakan seperti shortcut hapus saja. yang terpenting program yang menjalankan virus tersebut tidak RUNNING Lagi sehingga tidak bekerja dan tidak menyebarkan virus shortcut itu sendiri.

Jika cara diatas masih merasa kesulitan silahkan coba cara cepat yang ini "Cara mudah menghilangkan virus shortcut"

No comments: