Followers

TopMenu

ANALISIS SWOT, Pengertian Analisis SWOT,Fungsi Analisis SWOT,dan Contoh Gambar Diagram Cartesius Kuadran

Analisis SWOT adalah sebuah teori dimana hal ini biasa digunakan sebagian besar profesionalis analisis perencanaan untuk melakukan suatu hal yang kaitannya dengan pengembangan usaha

Pengertian Analisis SWOT adalah sebuah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi Strengths, Weakness, Opportunities, dan Threats terlibat dalam suatu proyek atau dalam bisnis usaha. Hal ini melibatkan penentuan tujuan usaha bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal yang baik dan menguntungkan untuk mencapai tujuan itu.

SWOT adalah sebuah singkatan :

S adalah Strenght atau Kekuatan, 
W adalah Weakness atau Kelemahan, 
O adalah Oppurtunity atau Kesempatan,
T adalah Threat atau Ancaman.

Fungsi SWOT ini adalah untuk Mengetahui seberapa besar kekuatan ,kelemahan, peluang dan ancaman dalam melakukan usaha atau pengembangan bisnis. dalam era modern banyaknya peluang usaha semakin banyak pula orang yang bersedia membuka usahadan bisnisnya untuk kehidupan mereka. Maka dari itu membuka usaha dan bisnis yang profesional harus dengan cara manajemen awal yang sempurna juga. hal ini agar memungkinkan usaha akan berjalan dengan baikn pada awalnya.
Lalu apakah peranahn analisis swot itu sendiri. secara keseluruhan analisis swot berfungsi membantu wacana awal perencanaan usaha dan bisnis memalui beberapa faktor internal dan eksternal.

Cara melakukan analisis SWOT adalah melakukan identifikasi faktor – faktor internal dan eksternal, setelah faktor-faktor teridentifikasi maka dilakukan pembobotan serta ranking. Bobot dikalikan rating setiap faktor mendapatkan skor untuk faktor-faktor tersebut. Bobot dihitung, 0.0 (tidak penting) sampai 1.0 (sangat penting). Jumlah bobot untuk opportunity dan threat adalah 1.00, demikian pula jumlah bobot strength dan weaknes juga satu. Rating opportunity mulai dari angka 1 (dibawah rata-rata), 2 ratarata,3 (diatas rata-rata) dan 4 (sangat baik), berdasarkan pengaruh faktor tersebut terhadap kondisi perusahaan yang bersangkutan. Nilai rating opportunity dan threat selalu bertolak belakang, misalnya apabila faktor threat nya lebih besar, diberi nilai 4.
Begitu pula pemberian nilai untuk strength dan weaknes. Dalam analisis SWOT, berdasarkan score yang didapat apakah ada opportunity (nilai positif) atau threat(negatif), dan apakah faktor strength mengungguli (+) weakness (-) maka didapat 4 kwadran rekomendasi. Adapun gambar diagram Cartesius kuadran analisis SWOT, dapat dilihat pada gambar 1.




No comments: