“ANALISIS
PERANCANGAN WEBSITE PENJUALAN JAM TANGAN DAN KACA MATA PADA OUTLET"
1. Latar Belakang Masalah
Outlet adalah salah satu distribution outlet yang
berada di Indonesia, yang bergerak dalam bidang
pemasaran jam tangan dan kacamata. Produk yang ditawarkan Outlet antara lain
jam tangan dan kacamata, serta aksesoris. Tujuannya adalah memasarkan dan
menjual produk-produk Outlet kepada konsumen sehingga konsumen dapat
mengenal produk-produk Outlet. Sistem yang diterapkan pada Outlet saat
ini masih bersifat konvensional, dimana pemesanan produk melalui telpon ataupun
datang langsung menyebabkan kurangnya fleksibilitas dari segi akses tempat dan
waktu, kemungkinan kesalahan input data pun besar karena masih dilakukan secara
manual, penyebaran informasi mengenai promo yang sedang berlangsung terhadap
suatu produk kurang meluas, kerena masih menggunakan media cetak.
Dari
analisis yang kami peroleh banyak kendala yang menghambat pemasaran dan
penjualan barang-barang din outlet dalam memaksimalkan layanan kepada publik
Dengan berlatar belakang masalah diatas ini maka
penulis mengangkat masalah tersebut dengan judul “ANALISIS PERANCANGAN WEBSITE
PENJUALAN JAM TANGAN DAN KACA MATA PADA OUTLET”
1. Tujuan
Adapun
tujuan dari penelitian antara lain :
1. Mengetahui
kelemahan sistem yang dipakai
sebelumnya.
2. Untuk
membantu pada karyawan melakukan pemasaran dan penjualan secara online.
3. Dapat
membantu memaksimalkan penjualan.
4. Meningkatkan
kinerja karyawan dalam menjual dan memasarkan produk.
2.
Perumusan
Masalah
Berdasarkan
latar belakang yang telah diuraikan maka penyusun merumuskan masalah sebagai
berikut :
Bagaimana
menganalisis dan merancang sebuah website yang dapat memberikan informasi dan
layanan yang dapat mempermudah karyawan dan konsumen untuk melakukan transaksi
penjualan barang dengan dibuatnya website ?
3. Analisis
4.1 Analisis
Kebutuhan Fungsional dan Nonfungsional Website Outlet
4.1.1 Kebutuhan
Fungsional Sistem
Outlet tidak terlalu menuntut penulis untuk menganalisis perancangan sistem yang
rumit, Mereka hanya meminta website yang mampu menampilkan :
1. Pengolah
data user
1.1 Tambah
data user
1.2 Edit
data user
1.3 Hapus
data user
1.4 Level
1.4.1 Admin
1.4.2 User
2. Pengolah
data penjualan barang
2.1. Tambah data barang
2.2. Batalkan penambahan data barang
2.3. Selesaikan penambahan data barang
3. Olah
data transaksi
3.1 Tambah
data penjualan
3.2 Simpan
data penjualan
3.3 Batalkan
penambahan data penjualan
3.4 Selesaikan
penambahan data penjualan
4. Olah
data kategori
4.1 Tambah
data kategori
4.2 Edit
data kategori
4.3 Hapus
data kategori
5.1 Laporan data
penjualan dan pembeliaan
5.2 Laporan
Transaksi penjualan dan pembelian
5.2.1 Pilih
tanggal laporan transaksi penjualan dan pembelian
5.2.1.1 Input
tanggal awal laporan penjualan dan pembelian
5.2.1.2 Input
tanggal akhir laporan penjualan dan pembelian
6. Olah
Data Customer
1.1 Tambah
User
1.2 Edit
User
1.3 Hapus
User
4.1.2 Kebutuhan Non
Fungsional Sistem
Saat penulis menganalisis & merancang sistem pembayaran online ini
membutuhkan kebutuhan non fungsional seperti :
1. Laptop
atau Komputer untuk merancang dan menganalisis sistem.
2. Sistem
Operasi yang kami gunakan: Microsoft Windows 7 Ultimate.
3. Microsoft
Office 2010.
4. Modem /
Koneksi internet.
5. Adobe
Dreamweaver
4.2 Analisis
PIECESS Outlet
Adalah kemampuan sistem untuk menginputkan
data, mengoutputkan data, menghapus data dan menyimpan data dengan cepat
dan akurat sehingga sasaran
segera terpenuhi. Kinerja sistem ini diukur dengan waktu
tanggap dari system yang telah kami
buat.
Kelemahan :
a.
Tidak adanya
sistem pencatatan data berkurang dan bertambah.
b.
Belum
terdapat fungsi laporan data transaksi penjualan.
4.2.2 Analisis Informasi (Information)
Segala bentuk
laporan transaksi yang telah
diproses/dicetak akan digunakan
untuk menghasilkan informasi selanjutnya
yang dibutuhkan user untuk kepentingan yang akan datang.
Kelemahan :
Tidak adanya laporan atas transaksi penjualan barang keluar dan masuk.
Sistem ini dibuat untuk menghemat waktu operasional
perusahaan dan untuk meminimalisir human error dan kesalahan laporan data.
Penghematan diperoleh
dari pengurangan karyawan yang bertugas digudang stok persediaan barang dalam
mencatat jumlah barang yang tersedia. Penghematan juga dilakukan terhadap jumlah karyawan yang
bertugas dalam penghitungan barang yang dibeli customer karena sudah digantikan
dengan komputer.
Peminimalisiran pengeluaran juga didapat ketika perusahan tidak lagi
menggunakan alat tulis-menulis dalam mencatat setiap transaksi keluar-masuknya
barang.
Kelemahan :
Perusahaan akan mengeluarkan
biaya lebih untuk keperluan pembelian alat-alat non-fungsional sistem seperti
komputer, printer dan lain sebagainya pada awal sistem ini dijalankan.
Sistem ini dapat merekam setiap data transaksi yang telah dilakukan.
Kemudian sistem akan menampilkan dan menyimpan data transaksi yang ada sehingga
user tidak perlu khawatir untuk mengingat transaksi-transaksi apa saja yang
telah dilakukan dan dicatat sistem.
Kelemahan :
Tidak adanya fungsi
pembackupan data secara otomatis dalam sistem ini membuat user harus melakukan
fungsi pembackupan data secara manual guna ketika nanti sewaktu-waktu terjadi
error ataupun kerusakan pada komputer, data transaksi yang telah ada masih bisa
terselamatkan.
Peminimalisiran
sumber daya manusia yang telah tergantikan dengan mesin mendorong tingkat
pemborosan perusahaan semakin mengecil. Sistem terdahulu yang segala sesuatunya
dikerjakan secara manual kini telah tergantikan dengan sistem terkomputerisasi
yang jauh lebih cepat, tepat dan akurat dalam mengolah data. Sehingga efisiensi
dari sistem yang dikembangkan ini terpakai secara maksimal.
Perkembangan
zaman yang semakin maju menuntut perusahan untuk memberikan layanan yang
maksimal terhadap para customernya. Dipicu oleh berkembangnya teknologi yang
semakin moderen, peningkatan pelayanan yang lebih baik terhadap sistem akan
memberikan:
a.
Efisiensi terhadap
pengolahan data masuk, data keluar
dan data tersimpan.
b.
Penghematan
waktu dan pengeluaran yang kurang perlu.
c.
Kemudahan
user dalam menggunakan sistem.
Pelayanan yang baik
dapat mencermikan suatu perusahaan
itu baik atau tidak, sehingga
pelayanan juga harus
diperhitungkan secara baik.
Kelemahan :
Proses untuk backup dan restore database memerlukan waktu yang cukup lama karena dilakukan secara manual.
No comments:
Post a Comment