Followers

TopMenu

ANALISIS DAN SPESIFIKASI KEBUTUHAN

 “ANALISIS PERANCANGAN WEBSITE PENJUALAN JAM TANGAN DAN KACA MATA PADA OUTLET"

 1.      Latar Belakang Masalah

Outlet adalah salah satu distribution outlet yang berada di Indonesia, yang bergerak dalam bidang pemasaran jam tangan dan kacamata. Produk yang ditawarkan Outlet antara lain jam tangan dan kacamata, serta aksesoris. Tujuannya adalah memasarkan dan menjual produk-produk Outlet kepada konsumen sehingga konsumen dapat mengenal produk-produk Outlet. Sistem yang diterapkan pada Outlet saat ini masih bersifat konvensional, dimana pemesanan produk melalui telpon ataupun datang langsung menyebabkan kurangnya fleksibilitas dari segi akses tempat dan waktu, kemungkinan kesalahan input data pun besar karena masih dilakukan secara manual, penyebaran informasi mengenai promo yang sedang berlangsung terhadap suatu produk kurang meluas, kerena masih menggunakan media cetak.
Dari analisis yang kami peroleh banyak kendala yang menghambat pemasaran dan penjualan barang-barang din outlet dalam memaksimalkan layanan kepada publik
Dengan berlatar belakang masalah diatas ini maka penulis mengangkat masalah tersebut dengan judul “ANALISIS PERANCANGAN WEBSITE PENJUALAN JAM TANGAN DAN KACA MATA PADA OUTLET”
 1.      Tujuan
Adapun tujuan dari penelitian antara lain :
1.    Mengetahui kelemahan sistem yang dipakai  sebelumnya.
2.    Untuk membantu pada karyawan melakukan pemasaran dan penjualan secara online.
3.    Dapat membantu memaksimalkan penjualan.
4.    Meningkatkan kinerja karyawan dalam menjual dan memasarkan produk.
2.      Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan maka penyusun merumuskan masalah sebagai berikut :
Bagaimana menganalisis dan merancang sebuah website yang dapat memberikan informasi dan layanan yang dapat mempermudah karyawan dan konsumen untuk melakukan transaksi penjualan barang dengan dibuatnya website ?

3.      Analisis
4.1          Analisis Kebutuhan Fungsional dan Nonfungsional Website Outlet
4.1.1       Kebutuhan Fungsional Sistem
Outlet tidak terlalu menuntut penulis untuk menganalisis perancangan sistem yang rumit, Mereka hanya meminta website yang mampu menampilkan :
1.      Pengolah data user
1.1  Tambah data user
1.2  Edit data user
1.3  Hapus data user
1.4  Level
1.4.1   Admin
1.4.2   User
2.      Pengolah data penjualan barang
            2.1. Tambah data barang
            2.2. Batalkan penambahan data barang
            2.3. Selesaikan penambahan data barang
3.      Olah data transaksi
3.1  Tambah data penjualan
3.2  Simpan data penjualan
3.3  Batalkan penambahan data penjualan
3.4  Selesaikan penambahan data penjualan
4.      Olah data kategori
4.1  Tambah data kategori
4.2  Edit data kategori
4.3  Hapus data kategori
5.      Laporan – laporan
5.1  Laporan data penjualan dan pembeliaan
5.2 Laporan Transaksi penjualan dan pembelian
5.2.1 Pilih tanggal laporan transaksi penjualan dan pembelian
5.2.1.1 Input tanggal awal laporan penjualan dan pembelian
5.2.1.2 Input tanggal akhir laporan penjualan dan pembelian
6.      Olah Data Customer
1.1  Tambah User
1.2  Edit User
1.3  Hapus User

   4.1.2    Kebutuhan Non Fungsional Sistem
Saat penulis menganalisis & merancang sistem pembayaran online ini membutuhkan kebutuhan non fungsional seperti :
1.      Laptop atau Komputer untuk merancang dan menganalisis sistem.
2.      Sistem Operasi yang kami gunakan: Microsoft Windows 7 Ultimate.
3.      Microsoft Office 2010.
4.      Modem / Koneksi internet.
5.      Adobe Dreamweaver

   4.2       Analisis PIECESS Outlet
   4.2.1    Analisis Kineja (Performance)
Adalah kemampuan sistem untuk menginputkan data, mengoutputkan data, menghapus data dan menyimpan data dengan cepat dan akurat sehingga sasaran segera terpenuhi. Kinerja sistem ini diukur dengan waktu tanggap dari system yang telah kami buat.
            Kelemahan :
a.       Tidak adanya sistem pencatatan data berkurang dan bertambah.
b.      Belum terdapat fungsi laporan data transaksi penjualan.
           
4.2.2    Analisis Informasi (Information)
Segala bentuk laporan transaksi yang telah diproses/dicetak akan digunakan untuk menghasilkan informasi selanjutnya yang dibutuhkan user untuk kepentingan  yang akan datang.
Kelemahan :
Tidak adanya laporan atas transaksi penjualan barang keluar dan masuk.

4.2.3    Analisis Ekonomi (Economy)
Sistem ini dibuat untuk menghemat waktu operasional perusahaan dan untuk meminimalisir human error dan kesalahan laporan data.
Penghematan diperoleh dari pengurangan karyawan yang bertugas digudang stok persediaan barang dalam mencatat jumlah barang yang tersedia. Penghematan juga dilakukan terhadap jumlah karyawan yang bertugas dalam penghitungan barang yang dibeli customer karena sudah digantikan dengan komputer. Peminimalisiran pengeluaran juga didapat ketika perusahan tidak lagi menggunakan alat tulis-menulis dalam mencatat setiap transaksi keluar-masuknya barang.
Kelemahan :
Perusahaan akan mengeluarkan biaya lebih untuk keperluan pembelian alat-alat non-fungsional sistem seperti komputer, printer dan lain sebagainya pada awal sistem ini dijalankan.

   4.2.4    Analisis Keamanan (Security)
Sistem ini dapat merekam setiap data transaksi yang telah dilakukan. Kemudian sistem akan menampilkan dan menyimpan data transaksi yang ada sehingga user tidak perlu khawatir untuk mengingat transaksi-transaksi apa saja yang telah dilakukan dan dicatat sistem.
Kelemahan :
Tidak adanya fungsi pembackupan data secara otomatis dalam sistem ini membuat user harus melakukan fungsi pembackupan data secara manual guna ketika nanti sewaktu-waktu terjadi error ataupun kerusakan pada komputer, data transaksi yang telah ada masih bisa terselamatkan.

   4.2.5    Analisis Efisiensi (Eficiency)
Peminimalisiran sumber daya manusia yang telah tergantikan dengan mesin mendorong tingkat pemborosan perusahaan semakin mengecil. Sistem terdahulu yang segala sesuatunya dikerjakan secara manual kini telah tergantikan dengan sistem terkomputerisasi yang jauh lebih cepat, tepat dan akurat dalam mengolah data. Sehingga efisiensi dari sistem yang dikembangkan ini terpakai secara maksimal.

   4.2.6    Analisis Layanan (Service)
Perkembangan zaman yang semakin maju menuntut perusahan untuk memberikan layanan yang maksimal terhadap para customernya. Dipicu oleh berkembangnya teknologi yang semakin moderen, peningkatan pelayanan yang lebih baik terhadap sistem akan memberikan:
a.       Efisiensi terhadap pengolahan data masuk, data keluar dan data tersimpan.
b.      Penghematan waktu dan pengeluaran yang kurang perlu.
c.       Kemudahan user dalam menggunakan sistem.
            Pelayanan yang baik dapat mencermikan suatu perusahaan itu baik atau tidak, sehingga pelayanan juga harus diperhitungkan secara baik.

Kelemahan :
Proses untuk backup dan restore database memerlukan waktu yang cukup lama karena dilakukan secara manual.

No comments: