Proses Penyusunan perencanaan strategi dalam analisis SWOT melalui 3 tahap yaitu :
1. Tahap Pengumpulan Data
Tahap ini adalah kegiatan mengumpulkan data dan informasi yang terkait denganFaktor internal dan faktor eksternal perusahaan. Faktor Internal perusahaan berupa pemasaran, produksi, keuangan, dan sumber daya manusia. Dan faktor eksternal perusahaan adalah ekonomi, politik, sosial budaya.
2. Tahap Analisis
Nilai-nilai
dari faktor internal dan faktor eksternal dijabarkan dalam bentuk diagram SWOT
dengan mengurangkan nilai strength dengan nilai weakness, dan
nilai opportunity dengan nilai ancaman. Semua informasi disusun dalam
bentuk matrik, kemudian dianalisis untuk memperoleh strategi yang cocok dalam
mengoptimalkan upaya untuk mencapai kinerja yang efektif, efisien dan berkelanjutan
Agar dapat dianalisis dari 4 strategi yang ada mana yang dimungkinkan bagi organisasi untuk bergerak maju. Apakah strategi Stengths–Oportunities (SO). Strategi Weaknesses–Oprtunities(WO), strategi Strengths–Threats (ST) atau strategi Weaknesses–Threats (WT).
Pada tahap ini, mengkaji ulang dari empat strategi yang telah dirumuskan dalam tahap analisis. Setelah itu diambillah keputusan dalam menentukan strategi yang paling menguntungkan, efektif dan efisien bagi organisasi berdasarkan Matriks SWOT dan pada akhirnya dapat disusun suatu rencana strategis yang akan dijadikan pegangan dalam melakukan kegiatan selanjutnya.
No comments:
Post a Comment